Wednesday 24 February 2016

THERAPI JUZ DAN HERBAL UNTUK PENDERITA DIABETES



THERAPI JUZ DAN HERBAL UNTUK PENDERITA DIABETES



Diabetes melitus atau yang sering di kenal orang dengan penyakit kencing manis adalah sekumpulan gejala yang timbul pada seseorang akibat tubuh mengalami gangguan dalam mengontrol gula darah . hal ini terjadi karena adanya sekresi hormon insulin yang tidak adekuat atau fungsi insulin terganggu. Diabetes melitus di sebut juga dengan penyakit kronis karena dapat menimbulkan perubahan yang permanen bagi penderitanya. Penyakit kronis tersebut memiliki implikasi yang luas bagi lansia dan keluarga, terutama munculnya keluhan -  keluhan yang menyertainya, penurunan kemandirian lansia dalam melakukan aktivitas keseharian, dan menurunnya partisipasian sosial lansiannya.
Pengelolaan sejak awal dapat berperan dalam meminimalisasi perubahan potensial pada sistem tubuh manusia, pengelolaan tersebut meliputi pengaturan pola makan, olahraga, gaya hidup, dan pengobatan. sejak dulu penyakit diabetes sudah diobati dengan obat obatan herbal atau alamiah dari buah buahan. Penilitian menunjukkan baru baru ini telah ada kemajuan pada obat herbal dan buah buahan dalam mengobati atau menstabilkan kadar gula bagi penderita diabetes.
Jika anda menderita penyakit diabetes ,terkadang anda sulit sekali menemukan makanan yang di anjurkan bagi penderita kencing manis ini. Karena merasa takut jika makanan yang di konsunsi nantinya dapat meningkatkan kadar gula anda.
Namun anda tidak usah kuatir, disini ada beberapa jenis makanan yang tetap aman di konsumsi bagi anda penderita diabetes melitus yang selama ini merasa kuatir mengkonsumsi makanan tanpa merasa tersiksa dengan rasanya. Berikut adalah 10 makanan super yang aman di konsumsi bagi anda penderita diabetes melitus :
1.      Sayuran

Berbagai jenis sayuran mempunyai kalori yang rendah dan memiliki kandungan serat yang tinngi. Karena seratnya yang tinggi , perut anda akan lebih terasa cepat kenyang sehingga mengurangi mengkonsumsi nasi yang kadar gulanya cukup tinggi. Jika anda sudah terbiasa mengkonsumsi nasi anda bisa menggantikannya dengan sayuran yang banyak mengandung karbohidrat dan mengandung tepung seperti kentang ataupun jagung dan juga sejenisnya.

2.      Buah buahan

Banyak sekali kelebihan buah – buahan sama seperti sayuran. Kebanyakan buah – buahan mengandung banyak serat dan rendah kalori di bandingkan dengan makanan yang lainnya. Buah – buahan mengandung gula alami yang tidak akan membuat gula anda menjadi naik. Ada beberapa buah – buahan yang baik di konsumsi bagi penderita diabetes yaitu buah – buahan yang tergolong buah berry. Selain buah – buahan berry tidak terlalu manis rasanya buah – buahan berry juga kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh.

3.      Biji bijian

Biji – bijian yang di maksud adalah kacang – kacangan seperti kacang polong atau sejenisnya. Kacang polong  kaya akan serat yang bisa membuat anda merasa keyang , tidak hanya itu kacang polong juga membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh.


4.      Sereal

Sereal juga salah satu menu sarapan sehat dan juga enak. Sereal juga banyak mengandung serat yang baik untuk mengawali aktivitas anda karena bisa sebagai sumber energi bagi anda. Tidak hanya itu, mengkonsumsi sereal juga berdampak baik bagi jantung anda.

5.      Ikan

Ikan memiliki protein dan omega 3 yang cukup tinggi. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan menghindari dari kolesterol jahat. Penderita diabetes biasanya memiliki kandungan HDL “ kolesterol baik” yang sangat sedikit, jadi mengkonsumsi ikan setiap hari sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda.

6.      Kacang -  kacangan

Tidak hanya sebagai sebagai sumber protein kacang – kacangan juga sebagai sumber lemak nabati yang baik untuk jantung. Lemak ini terbukti membantu mengurangi resistensi insulin dan menjadikan gula darah lebih mudah terkontrol. Selain itu kandungan yang terdapat dalam kacang – kacangan yaitu vitamin E , antioksidan yang dapat melindungi sel mata kita dan juga serat dan magnesium , yang keduanya dapat mengontrol gula darah kita agar tetap normal.

7.      Olive oil

Sejak dulu olive oil sudah di percaya sangat baik bagi kesehatan jantung . pada olive oil terdapat lemak baik yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung , dan juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah . selain itu juga dapat mencegah resistensi insulin.

8.      Yoghurt

Yoghurt ini kaya akan protein dan juga kalsium. Selain menjaga berat badan agar tetap ideal, yoghurt juga dapat menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh.

HAKEKAT THERAPI JUS

Semua orang sudah tahu tentang sisi baiknya mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan karena mereka kaya akan vitamin dan mineral juga antioksidan. Salah satunya antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat menyebabkan rusaknya sel sel dalam tubuh. Antioksidan dalam buah dan sayur inilah yang berperan untuk mencegah itu semua. Tidak hanya itu buah dan sayuran juga dapat mencegah terjadinya beragam zat karsinogenik penyebab kanker.
Inilah yang menyebabkan berkembangnya pengobatan herbal yang di namakan yherapi jus yang mana buah dan sayuran nantinya di satukan atau di blender dengan tidak meninggalkan kasiat dan rasanya sangat segar. Dengan inovasi yang dikembangkan terapi jus juga bisa menjadi obat herbal salah satunya jus pengobat kanker, jus pengobat diabetes, jus pengobat kolesterol, jus pengobat hipertensi dan sebagainya. Namun pada artikel ini saya akan membahas tentang terapi jus bagi diabetes melitus.
 


THERAPI JUS BAGI PENDERITA DIABETES

Ada beberapa terapi yang cukup membantu dalam pencegahan DM. Salah satunya langkah terbaik penyembuhan adalah terapi jus, dengan meminum sari buah – buahan dan sayuran . caranya dengan di lumatkan, di remas, atau disaring. Baik dengan blender maupun manual. Sari buah tersebut sebaiknya langsung diminum agar kesegarannya tetap terjaga.
Di bawah ini beberapa contoh buah dan sayuran yang dapt dijadikan alternatif terapi jus bagi penderita diabetes melitus beserta cara pengolahannya :
1.      Alpukat

Jus alpukat manis
Bahan:
-          Daging alpukat 175 gram
-          Sirsak manis 50 gram
-          Susu bubuk bayi 1 sendok makan
-          Madu 50 gram
-          Air matang 75 ml

Cara membuatnya
Campurkan bahan semua , blender hingga lembut kemudian kemudian sajikan segera. Untuk 4 porsi
            Jus mangga alpukat
            Bahan:
-          Mangga arumanis 50 gram
-          Alpukat 50 gram
-          Susu cair 20 cc
Cara membuatnya
            Haluskan mangga dan alpikat bersama susu kemudian tuang di gelas dan sajikan. Untuk 2 porsi.
2.      Apel

Jus apel anti diabetes
Bahan:
-          Apel 2 buah
-          Daun bayam 12 gram
-          Jeruk manis 1 buah
-          Madu sesuai selera
Cara membuat
            Cuci apel hingga bersih, potong – potong tidak di kupas kulitnya, kemudian peras jeruk dan tampung air perasannya. Cuci bersih daun bayam dan tiriskan, lalu masukkan ke dalam blender potongan apel, daun bayam dan air jeruk. Proses sampai halus dan merata. Kemudian tambahkan madu sesui selera, aduk rata dan tuangkan ke dalam gala saji dan diberi es batu secukupnya.

Jus apel merah
Bahan:
-          Apel merah 1 buah
-          Labu  kuning 100 gram
-          Air jeruk nipis  1 sendok makan
-          Susu formula 150 ml
Cara membuat
            Kupas apel dan dibuang bijinya kemudian parut apel sampai halus dan campurkan dengan air jeruk manis, sisihkan. Haluskan lbu kuning yang telah di rebus kemudian campurkan dengan apel parut. Kemudian cairkan menggunakan susu formula. Aduk hingga rata lalu tuang ke dalam gelas dan sajikan segera. Untuk 2 porsi.
3.      Belimbing

Jus belimbing murni

Bahan:
Belimbing 3 buah

Cara membuat

            Pilihlah buah belimbing yang sudah masak yaitu yang warna kuningnya lebih dominan. Lalu cuci bersih dan kupas terlebih dahulu buah belimbingnya, potong masing – masing buah belimbingnya menjadi 3 bagian yang bertujuan agar mudah di blendernya. Masukkan buang belimbing yang sudah dipotong tadi ke dalam blender, kemudian tambahkan 2 sendok gula atau jika ingin lebih manis bisa di tambahi lagi. Tambahkan 2 gelas air putih atau sesuai selera jika ingin jusnya lebih kental tambahkan sepertiga air putih saja tapi jika ingin lebih encer tambahkan 3 gelas air putih berukuran kecil. Blimbing siap di blender dan siap disajikan.


Jus belimbing jeruk

Bahan:
-          Belimbing di pototng – potong 150 gram
-          Air jeruk panas 150 gram
-          Es batu 50 gram
-          Sirup vanilla 1,5 sendok teh
-          Air jeruk lemon 1 sendok teh
Cara membuatnya
            Blender semua bahan menjadi satu, jika dengan ukuran sirup segitu kurang manis bisa di tambahkan air gula saat di blender. Segera sajikan selagi segar.

4.      Strawbery

Jus strawberi pir pisang

Bahan:
-          Strawberi 75 gram
-          Pir 50 gram
-          Pisang ambon 75 gram
-          Susu kedelai 100 cc
-          Es serut 1/5 gelas
Cara membuatnya
            Blender semua bahan yang telah disiapkan ,tuangkan ke dalam gelas saji dan hidangkan selagi segar.

Jus strawberi semangka
Bahan:
-          Strawberi potong – potong 100 gram
-          Semangka merah potong – potong 200 gram
-          Air perasan jeruk manis 200 ml
-          Es batu secukupnya
Cara membuatnya
            Campur potongan semangka, strawberi, air perasan jeruk manis dan es batu ke dalam tabung blender. Kemudian blender hingga lembut, tuang jus kedalam gelas saji dan hidangkan. Untuk 2 porsi.

5.      Wortel

Jus wortel jeruk

Bahan:
-          Wortel potong – potong 200 gram
-          Air  100 ml
-          Jeruk manis peras airnya 4 buah
-          Gula pasir 2 sendok makan
-          Es batu secukupnya
Cara membuatnya
            Campur wortel, air dan gula pasir kemudian haluskan dengan blender hingga rata. Tambahkan air jeruk dan aduk rata, kemudian tuangkan dalam gelas saji dan tambahkan es batu secukupnya dan sajikan selagi segar.

Jus wortel bayam
Bahan:
-          Wortel 5 buah
-          Bayam 3 lembar
-          Air secukupnya
Cara membuatnya
            Cuci bersih semua bahan yang di siapkan tadi kemudian tiriskan, kemudian masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender semua bahan hingga halus, tambahkan es batu secukupnya dan sajikan selagi masih segar.

Nah itulah beberapa terapi jus yang bisa anda lakukan untuk mengobati atau mencegah diabetes melitus. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment