Monday 29 February 2016

INILAH 8 TANDA – TANDA DIABETES MELITUS YANG JARANG DIKETAHUI



Tanda diabetes - Kebanyakan orang pasti hanya mengetahui gejala diabetes itu hanya dengan melihat hasil cek gula darah atau gejala umum yang sudah diberitahukan dirumah sakit atau ditempelkan dijalanan umum seperti banyak kencing dimalam hari, banyak makan, banyak minum. Tetapi ada hal yang mengejutkan para pakar kesehatan maupun kalangan manusia yaitu tidak hanya tanda dan gejala seperti banyak makan, banyak minum dan banyak kencing dimalam hari yang mengindikasi seseorang terkena diabetes tetapi ada tanda dan gejala lain yang sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa itu salah satu gejala diabetes yang sedang anda alami. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi kebanyakan orang mengabaikan gejala tersebut dengan respon yang biasa saja seakan – akan tidak akan terjadi apa – apa pada diri mereka. Maka dari itu usahakan selalu waspada diri jika tubuh anda merasa ada kejanggalan atau rasa kurang nyaman pada diri anda sehingga anda bisa mengantisipasinya lebih awal. Karena memang gejala diabetes terkadang memang tidak disadari, berikut penulis jelaskan mengenai beberapa tanda diabetes yang jarang diketahui orang :
1.      Rambut yang rontok


Add caption
Penderita diabetes yang mengalami aterosklerosis mungkin juga mengalami rambut rontok atau rambut yang menipis. Mengapa hal ini bisa terjadi karena adanya penebalan  pada pembuluh darah arteri yang mengakibatkan pemyempitan ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Sehingga oksigen yang biasanya mengalir secara lancar mengalami gangguan karena penebalan oembuluh darah tersebut yang mengakibatkan kehilangan rambut, kulit mengkilap dan menebal.rambut rontok tidak hanya terjadi pada satu area tertentu saja.

2.      Paparan pestisida
Untuk anda yang berprofesi sebagai petani atau orang tua anda sebagai petani anda perlu waspada karena berdasarkan agricultural healt study petani yang sering terkena paparan pestisida akan mengalami resiko terkena diabetes yang lebih tinggi . para peneliti menemukan jika seseorang terpapar pestisida atau herbisida dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan resiko terkena diabetes melitus.

3.      Kerusakan pada gigi
Penelitian menemukan bahwa orang yang mengalami hilangnya gigi dapat meningkatkan resiko diabetes bagi kedua jenis kelamin sebesar 14 – 29 persen. Menurut harvard school of public health and dental medicine, orang yang mengalami periodontal juga dapat memiliki resiko diabetesyang mana Periodontal termasuk komplikasi dari diabetes

4.      Kaki yang pendek
Hasil study menunjukan bahwa seseorang yang memiliki kaki yang pendek memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 daripada orang yang mempunyai kaki yang panjang . hal ini bukan berarti orang yang tinggi badannya lebih pendek akan terkena diabetes akan tetapi pada temuan ini mengisyaratkan akan sesuatu yang lebih dalam dari resiko diabetes dan perkembangan janin.

5.      Gangguan pada pendengaran
Jika anda saat ini mengalami gangguan pendengaran , anda perlu waspada karena saat ini gangguan pendengaran sudah dikaitkan dengan kompilikasi pada diabetes. Orang yang mempunyai diabetes tipe 2 kemungkinan besar mengalami gangguan pendengaran.

6.      Bulan kelahiran
Penelitian baru yang telah dipublikasikan bahwa bulan kelahiran yang memainkan peran dalam perkembangan diabetes tipe 1. Bayi yang lahir pada musim semi lebih besar kemungkinannya mengalami diabetes tipe 1. Penyebab pastinya belum diketahui secara pasti, namun para peneliti menduga penyebabnya dikarenakan diet ibu atau paparan terkena sinar matahari.

7.      Warna alis
Coba anda periksa rambut anda apakah sudah beruban atau belum dan periksa juga alis mata anda, jika rambut anda sudah beruban akan tetapi warna alis anda masih terlihat hitam coba anda periksa kadar gula anda secepatnya karena kadar glukosa dalam darah yang tinggi dapat menghambat proses rambut anda yang mulai memutih.

8.      Ukuran payudara yang besar
Untuk tanda dan gejala ini dikhususkan bagi perempuan. Menurut penelitian yang diterbitkan di Canadian Medikal Association Jurnal, perempuan yang mengalami ukuran bra D atau lebih pada usia 20 tahun, mempunyai resiko 5 kali lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 ( gaya hidup ). Karena ukuran payudara adalah faktor yang signifikan bagi indek massa tubuh.

Itulah infomasi yang dapat anda terkejut mengenai tanda diabetes melitus yang semua merupakan hal – hal yang menurut anda sepele tetapi berdampak pada kesehatan anda. Jika anda selalu waspada terhadap apa – apa yang terjadi pada tubuh anda, penyakit diabetes dapat dikontrol sehingga tidak akan mengganggu aktivitas anda. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai kesehatan atau ingin mendapatkan tips – tips tentang tentang hidup sehat silahkan anda bisa kunjungi artikel yang penulis sudah siapkan bagi anda yang mengutamakan kesehatan atau bisa lewat email. Semoga bermanfaat..


No comments:

Post a Comment