Thursday 25 February 2016

Cara Mempersiapkan Makanan Bagi Penderita Diabetes



Cara Mempersiapkan Makanan Bagi Penderita Diabetes

Setiap orang pasti menginginkan kesehatan bagi tubuh mereka. Untuk memiliki tubuh sehat perlu pola makan yang baik dan seimbang. Pola makan yang tidak seimbang dapat mengakibatkan kurangnya nutrisi atau sebaliknya dapat menggangu proses metabolisme tubuh sehingga menimbulkan penyakit salah satunya diabetes. Sebenarnya anggapan mengenai penderita diabetes harus mengkonsumsi makanan khusus itu tidak begitu benar. Jika anda ingin mengontrol diabetes anda harus memiliki pola makan yang sehat dan seimbang. Pola ini juga harus dilakukan bagi orang yang tidak terkena diabetes melitus. Disini penulis jelaskan mengenai beberapa Cara Mempersiapkan Makanan Bagi Penderita Diabetes:

Add caption

1.      1. Makanan harus mengandung cukup karbohidrat
Karbohidrat mempunyai peranan penting bagi peningkatan gula darah dalam tubuh. Yang perlu diketahui untuk mempertahankan diet yang sehat dan seimbang. Oleh sebab itu anda tidak perlu menghilangkan karbohidrat akan tetapi yang perlu anda lakukan menyeimbangkan asupan karbohidrat anda. Salah satu yang memiliki karbohidrat yang komplek yaitu nasi, roti, dan ubi jalar. Jenis makanan ini jika dikonsumsi akan lebih lambat dicerna yang mana akan merasa kenyang yang cukup lama sehingga dapat mengontrol kadar gula anda.

2.      2. Mengurangi konsumsi daging merah
Pada daging merah mengandung cukup tinggi lemak jenuh yang sangat tidak baik buat penderita diabetes. Oleh karena itu untuk pengganti daging merah anda dapat mengkonsumsi ikan, makanan laut atau daging ramping yang mengandung sedikit lemak. Jika tidak ada anda bissa mengkonsumsi makanan yang lain seperti tahu, tempe atau sejenisnya. Selain harganya lebih terjangkau juga kaya akan nutrisi nabati karena terbuat dari kacang – kacangan.

3.      3. Selalu menggunakan minyak yang bersih dan sehat
Penggunaan minyak yang kotor dan berulang dapat menjadikan lemak anda semakin banyak. Oleh karena itu dapat pilihlah minyak yang sehat yang mengandung lemak tak jenuh yang dapat mengurangi kolesterol pada tubuh. Contoh minyak sehat yang anda bisa jumpai adalah minyak zaitun dan minyak canola. Anda dapat menggunakan minyak tersebut untuk memasak atau menggoreng makanan yang akan anda konsumsi.

4.      4. Resep harus sesuai
Jika anda berfikir beberapa bahan yang tidak menguntungkan bagi penderita diabetes, untuk memberikan subtitusi, maka andda tidak perlu mengikutinya. Sebagai contoh, daripada menggunakan krim berat untuk sup, lebih baik menggunakan tepung maizena. Jika resep untuk gula terlalu banyak, pastikan untuk mengurangi jumlah gula.meskipun pada saat penyesuaian akan mengubah rasa makanan atau biaya lebih, yang akhirnya akan menjadi lebih sehat.

5.      5. Pilihlah sayuran yang banyak
Sudah tidak diragukan lagi bahwa sayuran memiliki nutrisi yang banyak dan nilai gizi yang tinggi, Hal ini menguntungkan bagi diabetes. Sayuran yang anda pilih dapat diolah sesuai selera seperti di tumis, menambahkan sup dan casseroles, atau dicampur ke salad.

6.      6. Menyiapkan buah – buahan
Kandungan pada buah – buahan juga tidak kalah dengan sayuran. Buah – buahan juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang sangat baik bagi penderita diabetes. Salah satunya buah dapat mengganti rasa manis bagi diabetes karena rasa manis pada buah tidak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah. Anda dianjurkan untuk selalu menyediakan buah dirumah untuk makanan penutup atau pengganti manis dari gula. Pastikan anda selalu konsultasi pada ahli diet untuk mengetahui perkembangan pola makan anda, Karena pola makan yang sehat akan menjadikan hidup kita juga sehat.

Nah itulah trik atau Cara Mempersiapkan Makanan Bagi Penderita Diabetes. Semoga apa yang selalu penulis postingkan dapat bermanfaat bagi pengunjung. Ingat setiap penyakit ada obatnya asal kita selalu berusaha dan bersungguh – sungguh. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment