Tuesday 23 February 2016

Diet rawfood bagi kesehatan dan gaya hidup




Health and lifestyle
RAW FOOD



Apa yang anda pikirkan tentang rawfood? Pasti anda langsung berfikir tentang makanan apa ini , langsung aja saya jelaskan tentang raw food. Rawfod adalah makanan yang terbuat dari sayuran atau buah buahan yang masih mentah .di indonesia sendiri sudah banyak orang yang mengkomsumsi rawfood ini dan kian menjadi tren, bahkan menjadi gaya hidup para selebritis dan kaum muda. Sebagian orang memilih mengkonsumsi makanan ini alasannya untuk diet dan sebagian lagi untuk gaya hidup sehat. Sekilas rawfood memang mirip vegetarian akan tetapi ,rawfood merupakan konsumsi makanan mentah atau tidak di masak.


Menurut pecinta rawfood pada saat memasak  makanan misalkan  sayuran atau makanan lainnya , anda akan merusak enzim enzim dan menghilangkan manfaat dari nutrisional dari makanan tersebut. Jika terpaksa di masak biasanya pecinta rawfood akan memasak setengah matang atau memasak dengan suhu tidak kurang dari 116-118 derajat celcius. Penelitian menjelaskan bahwa manusia sebenarnya tidak memerlukan produk hewani seperti daging dan telur karena produk hewani dapat berakibat buruk bagi kesehatan manusia jika di konsumsi secara berlebihan dan di masak dengan cara tertentu. Sementara jika mengkonsumsi berbagai aneka sayuran dan buah buahan mentah mampu mencukupi semua kebutuhan nutrisi dan protein pada tubuh manusia. Oleh karena itu banyak orang yang sering mengkonsumsi sayur sayuran dan kacang kacangan seperti brokoli dan kecambah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Tidak hanya itu pecinta rawfood juga senang mengkomsumsi buah buahan yang mengandung serat dan antioksidan yang tinggi seperti pepaya , pisang, mangga, jambu, alpukat dan jeruk.

-          Apa saja manfaat positif dan negatif pada rawfood

Menurut yvette quantz, RD, rawfood memiliki serat yang mengenyangkan dan sangat bagus untuk pencernaan . pecinta rawfood sangat tergantung pada sayuran dan buah buahan , sehingga memperoleh antioksidan serta zat zat yang dapat melindungi sel sel dari kerusakan. Tidak hanya itu rawfood yang rendah lemak dan tinggi antioksidan serta magnesium, hampir dipastikan akan berpengaruh pada penururnan berat badan  dan membuat jantung akan lebih sehat. Hanya saja diet rawfood sangat sulit dipertahankan. Menurut beberapa pecinta rawfood di bututhkan waktu untuk berbelanja dan memilih bahan bahan serta kreatifitas untuk membangkitkan selera agar tidak bosan di konsumsi setiap hari. Untuk menjaga keseimbangan vitamin B dan kalsium yang tidak selalu terdapat pada sayuran anda bisa mengkonsumsi suplemen tambahan karena minimnya mengkonsumsi produk hewani berakibat anda kekurangan protein dan zat besi.

-          BERAT YANG IDEAL

Ada beberapa hal yang menyenangkan jika anda menerapkan program diet rawfood ini dalam jangka pendek. Selain dapat mengenyangkan diet ini juga rendah kalori  dan mengandung kualitas yang bagus dari pilihan pilihan makanan yang sehat, hanya saja bagi sebagian orang dalam menerapkan program diet rawfood ini lebih sulit dalam jangka waktu panjang. Oleh karna itu menurut pakar nutrisi diet rawfood bukanlah pilihan yang realistis, sebagian orang tidak akan mampu menjalani diet rawfood. Pada saatnya nanti para pecinta rawfood akan kebingungan dan akhirnya akan mengkombinasikan antara makanan masak. Solusi terbaik adalah penerapan program rawfood adalah untuk menurunkan berat badan untuk mencapai berat yang ideal, program ini bisa dilaksanakan dalam jangka pendek. Untuk selanjutnya dapat menjalankan strategi diet modifikasi dalam jangka waktu panjang.  Misalnya , tentu masuk akal untuk menyisihkan beberapa hari dalam seminggu untuk menjalani diet rawfood, kemudian anda bisa mengisi hari hari lainnya dengan diet tradisional yang lebih sehat.

-          PILIHAN RAWFOOD

 
1.      Buah dan sayuran
2.      Kacang kacangan , padi padian dan biji bijian
3.      Bumbu dan rempah rempah
4.      Polong polongan
5.      Rumput laut
6.      Susu kelapa

-          SAJIAN KHAS RAWFOOD

-          SARAPAN
Sarapan khas terdiri dari salad buah yang di bubuhi dengan potongan kacang. Jika sebagian produk hewani diijinkan , anda boleh menambahkan yogurt yang berasal dari susu sapi organik.

-          MAKAN SIANG
Campurkan salad dengan lentil sprouts, olive oil, dan balsamic vinegar sesuai selera. Lalu tambahan variasi dengan hidangkan berbasis sayuran.

-          MAKAN MALAM
Soup sayuran, sunflower seed cheese, dan avocado serta sayuran lainnya dengan buah sorbet untuk dessert.

-          MINUMAN
Air, susu kelapa, atau semua jus buah natural dengan makanan atau snack.
Bagaimana , apakah anda berminat mencoba program diet rawfood ? semoga bermanfaat bagi pengunjung ,, jangan lupa like dan komennya yaahh ..           

No comments:

Post a Comment