Monday 10 October 2016

Inilah bisnis buat mahasiswa bidang pertanian

Mahasiswa Jurusan Pertanian

Sebelumnya kami sudah mencoba melihat peluang usaha yang bisa dikembangkan oleh mahasiswa kedokteran, maka kali ini kami akan mencoba melihat peluang-peluang bisnis modal kecil untuk mahasiswa dengan latar belakang pendidikan pertanian.

Sebagaimana mahasiswa kedokteran yang juga memiliki kemudahan fasilitas, akses dan keilmuan terkait bidang kesehatan maka mahasiswa jurusan pertanian juga memiliki kelebihan yang sama dalam bidang pertanian dan tentu saja bisa menjadi aset yang dapat mereka manfaatkan sebagai bisnis modal kecil untuk mahasiswa.

7 Jenis Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa Jurusan Pertanian

Ide-ide bisnis ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi mahasiswa untuk mendapatkan tambahan uang saku diluar pekerjaan paruh waktu dan bisnis sampingan umum yang bisa mereka jalankan. Dengan mengandalkan kelebihan mereka sebagai mahasiswa pertanian, bukan mustahil mereka bisa mencetak hasil lebih baik dari sekedar pekerjaan paruh waktu atau bisnis sampingan umum.

Baca juga : Daftar Manfaat Melia Propolis Untuk Kesehatan

Lalu apa saja bisnis yang dapat dikembangkan dari bisnis modal kecil untuk mahasiswa ? Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda jajal.

Membuka jasa penulisan artikel bertema agro
Berlatar belakang pendidikan dalam bidang pertanian akan memberi mereka cukup ilmu dalam mengulas lebih dalam mengenai dunia agro ke dalam sebuah konten artikel online. Anda bisa berbagi tips soal cara pemeliharaan, pembibitan, teknik budidaya, penanganan hama dan masih banyak lagi. Anda juga memiliki cukup akses unuk mendapatkan literatur mengenai berbagai materi terkait bidang pertanian.
Mengasuh blog konsultasi agrobisnis
Anda bisa mengajak beberapa rekan Anda untuk membangun sebuah blog dengan tema pertanian. Masih terkait dengan peluang usaha pertama dimana Anda dapat menjual jasa penulisan artikel dengan konten agro, maka kali ini anda menulis untuk blog Anda sendiri dan menjadikannya sebagai portal agrobisnis dengan tujuan PPC atau adsense.
Membuka usaha pertanian Anda sendiri
Tak harus menunggu menjadi sarjana bukan untuk bisa menjajal usaha pertanian Anda sendiri. Mulai dengan menyewa lahan di kawasan yang tidak jauh dari tempat Anda tinggal dan kuliah, lalu coba bercocok tanam di sana dengan memanfaatkan ilmu Anda. Banyak ilmu yang sayang untuk hanya Anda jadikan sekedar materi kuliah, Manfaatkan ilmu ini dengan Anda praktekan dan jadikan sumber penghasilan untuk Anda.
Ragu dengan masalah permodalan? Kenapa tidak menjalin kerjasama dengan petani lokal. Di sini peran Anda sebagai tenaga ahli yang memberikan sistem pertanian yang lebih modern dengan hasil lebih baik. Hasil pertanian nantinya bisa dibagi dua sesuai kesepakatan tanpa Anda harsu dibuat repot dengan modal.
Menjadi supplier bahan praktikum
Sebagaimana jurusan kedokteran, jurusan pertanian juga kerap menuntut mahasiswa menjalani banyak penelitian dan praktikum yang juga membutuhkan beragam jenis materi bahan penelitian seperti jeni tanaman tertentu dan beberapa jenis senyawa kimia tertentu. Anda bisa berperan untuk menyediakan bahan praktikum ini ke petani dan grosir bahan kimia. Beli dengan harg grosir dan jual dengan harga satuan ke rekan-rekan Anda.
Konsultan Pertanian ke kelompok tani
Ada banyak kelompok tani di daerah yang membutuhkan jasa pakar pertanian untuk membantu mereka dalam mengembangkan usaha pertanian mereka. Sayangnya mereka tidak cukup bermodal membayar tenaga pakar dengan sertifikasi memadai. Dan ini bisa menjadi peluang untuk Anda dengan menawarkan jasa konsultan dan pelatihan pertanian kepada kelompok tani ini tentu dengan tariff lebih miring. Bagaimanapun Anda masih mahasiswa kan?
Jasa pembuatan jurnal
Rasanya jasa semacam ini di jurusan apapun memang selalu dicari. Selalu saja ada mahasiswa yang terlalu malas atau terlalu sibuk dengan aktivitas di luar sampai merasa perlu memanfaatkan tenaga jasa seperti Anda untuk merampungkan tugas mereka seperti alporan praktikum dan jurnal riset mereka. Beberapa tak cukup pandai dengan bahasa asing dan membutuhkan kemampuan Anda membantu menerjemahkan sebuah jurnal asing ke dalam bahasa Indonesia sebagai sumber referensi.
Penjualan pupuk dan vitamin untuk pertanian
Biasanya dengan posisi Anda sebagai mahasiswa pertanian, Anda bisa mengetahui channel sumber pupuk kualitas baik dengan harga miring atau pupuk atau vitamin karya kampus yang masih dikembangkan secara terbatas. Manfaatkan akses ini untuk menjadi pemasok pupuk ke kelompok tani

Ternyata ada banyak juga bisnis modal kecil untuk mahasiswa yang bisa Anda kembangkan dari latar belakang pendidikan Anda sebagai mahasiswa fakultas pertanian. Rintis bisnis Anda sejak masa mahasiswa dan siapa yang tau justru dari sanalah Anda bisa berkembang menjadi wirausaha muda di masa depan.

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment